AGHNIA NET RAJADESA TERIMA JASA CETAK FOTO, BACK UP CD, VCD, DVD, MP3, SERVICE KOMPUTER, SERVIC HP,
Jln Raya Kubang Rajadesa Ciamis

Senin, 14 Mei 2012

PENGERTIAN EMANSIPASI WANITA MENURUT ISLAM

I PENGERTIAN EMANSIPASI WANITA

Secara harafiah, emansipasi wanita adalah kesetaraan hak dan gender.
Pengertian dari kata ��emansipasi�� yang paling populer adalah suatu usaha untuk
menuntut persamaan hak-hak kaum wanita terhadap hak-hak kaum pria di segala
bidang kehidupan.
Emansipasi wanita memberi wanita kesempatan bekerja, belajar, dan berkarya
seperti halnya para pria, seimbang dengan kemampuannya.
Emansipasi mengingatkan kita kembali bahwa wanita diciptakan dari tulang
rusuk pria yang artinya sejajar, para wanita ini tidak sama dengan pria melainkan
sejajar. Pria mempunyai kelebihan-kelebihan yang wanita tidak punya dan wanita
mempunyai kehebatan-kehebatan yang tidak dimiliki pria.
Kebebasan disini maksudnya kebebasan yang berkualitas, bukan kebebasan
100% karena biar bagaimanapun, tetap saja ada hal-hal yang memang dari sananya
udah diciptakan perbedaan-perbedaan prinsipal yang wanita tidak bisa kerjakan,
hanya pria yang bisa, sesuai dengan kodrat masing-masing.
Arti dari emansipasi wanita yang tepat adalah memperjuangkan agar wanita
bisa memilih dan menentukan nasib sendiri. Dan untuk tahap selanjutnya pembekalan
agar wanita mampu untuk menentukan nasib dan membuat keputusan ini sering
disebut dengan pemberdayaan wanita.
Emansipasi adalah kata-kata yang paling akrab di telinga kita jika yang
dibicarakan adalah hal ihwal tentang wanita. Istilah ini demikian populernya pada era
globalisasi ini, terutama setelah munculnya gerakan Women��s Liberation atau gerakan
Feminisme, suatu gelombang protes kaum wanita yang menuntut emansipasi wanita.
Emansipasi dalam konteks kekinian seringkali merupakan alasan yang dicari bagi
kaum feminis untuk mendapatkan kebebasan seluas - luasnya, yang seringkali
berlebihan kadarnya.
Khusus berkenaan dengan negara-negara Islam ini, kaum feminisme
menganggap bahwa Islam dan negara-negara tersebut telah membelenggu hak-hak
kaum wanitanya. Berikut ini adalah alasan-alasan yang dikemukakan oleh Women��s
Lib sebagai dasar tuntutannya sebagaimana dikemukakan oleh Ibnu Ahmad Dahri
(1992):
1.Masalah hakikat wanita. Bahwa perbedaan antara laki-laki dan wanita secara
biologis telah dibesar-besarkan untuk menindas kaum wanita dan mereka menuntut
untuk diadakan penyelidikan secara ilmiah sampai ditemukannya perbedaan laki-laki
dan perempuan secara ilmiah.
2.Masalah seksualitas. Bahwa kaum wanita mempunyai kebutuhan seksual sendiri
yang dapat dipenuhi tanpa kehadiran laki-laki. Jadi mereka tidak akan tunduk untuk
berhubungan seksual kalau mereka sendiri tak merasa membutuhkannya. Mereka
mengharapkan bahwa hubungan seksual tidak dipergunakan oleh laki-laki untuk
mendominasi wanita.
3.Masalah keluarga. Bahwa kepentingan keluarga tidak harus didahulukan dari
kepentingan-kepentingan kehendak individualnya. Siapapun bebas untuk
mengaktualisasikan kehidupannya masing-masing.
4.Masalah anak-anak. Bahwa para suami berkewajiban secara bergiliran mengasuh
anak (ikut berperan ganda). Dalam pola mengasuh anak mereka mengusulkan
penghapusan stereotipe bahwa anak laki-laki harus aktif sementara anak perempuan
harus pasif, di rumah saja, dan bersifat keibuan. Iklim yang harus diciptakan adalah
model kemanusiaan untuk berkompetisi.
5.Masalah pekerjaan. Bahwa pekerjaan harus tersedia untuk pria dan wanita sesuai
dengan kemampuan masing-masing. Mereka ingin menghapus pendapat bahwa
wanita bekerja hanya sebagai sekretaris, pramugari, asisten peneliti dan pekerjaan lain
yang menempatkan wanita hanya sebagai faktor substitusi saja.
Apabila kita amati tuntutan diatas adalah akibat dari tidak diterapkannya islam
dalam kehidupan sehari - hari. Rasulullah sendiri mencontohkan dalam kehidupannya
sehari - hari pun beliau membantu istrinya untuk mencuci dan memasak. Ini
menunjukkan dalam Islam tidak terdapat pemisahan jenis pekerjaan seperti stereotipe
yang sering kita dengar dalam buku pelajaran sekolah dasar, "ayah membaca koran
dan ibu memasak nasi" yang jelas menganut sistem patriarki barat, tetapi pembagian
pekerjaan itu lebih kepada kemampuan individu.
Di Indonesia sendiri masalah emansipasi ini berkembang setelah adanya
pemikiran-pemikiran R.A. Kartini, tokoh pergerakan kemerdekaan RI, melalui
bukunya "Habis Gelap Terbitlah Terang". Menurut Ibnu Ahmad Dahri (1992),
pikiran-pikiran Kartini yang dituangkan dalam bentuk surat-menyurat dan risalah ini
tidak ditemui detail-detail masalah yang harus digugat oleh wanita, tetapi secara
umum beliau menghendaki peningkatan harkat dan martabat wanita. Jadi sebenarnya
Kartini tidak menuntut hak-hak wanita seperti di Barat, namun menuntut hak-hak
wanita yang memang menjadi haknya.

                                      II WANITA DALAM SEJARAH PRA-ISLAM

Ditilik dari silsilah keturunan dan cikal bakalnya, para sejarawan membagi
kaum-kaum Bangsa Arab menjadi Tiga bagian, yaitu :
1. Arab Ba’idah, yaitu kaum-kaum Arab terdahulu yang sejarahnya tidak bisa
dilacak secara rinci dan komplit. Seperti Ad, Tsamud, Thasn, Judais, Amlaq dan lainlainnya.
2. Arab Aribah, yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari keturunan Ya��rub bin
Yasyjub bin Qahthan, atau disebut pula Arab Qahthaniyah.
3. Arab Musta’ribah, yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari keturunan Isma��il,
yang disebut pula Arab Adnaniyah.
Bangsa Arab sebelum islam, hidup bersuku-suku (kabilah-kabilah) dan berdiri
sendiri-sendiri. Satu sama lain kadang-kadang saling bermusuhan. Mereka tidak
mengenal rasa ikatan nasional. Yang ada pada mereka hanyalah ikatan kabilah. Dasar
hubungan dalam kabilah itu ialah pertalian darah. Rasa asyabiyah (kesukuan) amat
kuat dan mendalam pada mereka, sehingga bila mana terjadi salah seorang di antara
mereka teraniaya maka seluruh anggota-anggota kabilah itu akan bangkit
membelanya. Semboyan mereka �� Tolong saudaramu, baik dia menganiaya atau
dianiaya ��.
Dikalangan Bangsa Arab terdapat beberapa kelas masyarakat. Yang
kondisinya berbeda antara yang satu dengan yang lain. Hubungan seorang keluarga
dikalangan bangsawan sangat diunggulkan dan diprioritaskan, dihormati dan dijaga
sekalipun harus dengan pedang yang terhunus dan darah yang tertumpah. Jika seorang
ingin dipuji dan menjadi terpandang dimata bangsa Arab karena kemuliaan dan
keberaniannya, maka dia harus banyak dibicarakan kaum wanita.
Karena jika seorang wanita menghendaki, maka dia bisa mengumpulkan
beberapa kabilah untuk suatu perdamaian, dan jika wanita itu mau maka dia bisa
menyulutkan api peperangan dan pertempuran diantara mereka. Sekalipun begitu,
seorang laki-laki tetap dianggap sebagai pemimpin ditengah keluarga, yang tidak
boleh dibantah dan setiap perkataannya harus dituruti. Hubungan laki-laki dan wanita
harus melalui persetujuan wali wanita.
Begitulah gambaran secara ringkas kelas masyarakat bangsawan, sedangkan
kelas masyarakat lainnya beraneka ragam dan mempunyai kebebasan hubungan
antara laki-laki dan wanita.
Para wanita dan laki-laki begitu bebas bergaul, malah untuk berhubungan
yang lebih dalam pun tidak ada batasan. Yang lebih parah lagi, wanita bisa bercampur
dengan lima orang atau lebih laki-laki sekaligus. Hal itu dinamakan hubungan
poliandri. Perzinahan mewarnai setiap lapisan masyarakat. Semasa itu, perzinahan
tidak dianggap aib yang mengotori keturunan.
Banyak hubungan antara wanita dan laki-laki yang diluar kewajaran, seperti :
1. Pernikahan secara spontan, seorang laki-laki mengajukan lamaran kepada laki-laki
lain yang menjadi wali wanita, lalu dia bisa menikahinya setelah menyerahkan mas
kawin seketika itu pula.
2. Para laki-laki bisa mendatangi wanita sekehendak hatinya. Yang disebut wanita
pelacur.
3. Pernikahan Istibdha��, seorang laki-laki menyuruh istrinya bercampur kepada lakilaki
lain hingga mendapat kejelasan bahwa istrinya hamil. Lalu sang suami
mengambil istrinya kembali bila menghendaki, karena sang suami menghendaki
kelahiran seorang anak yang pintar dan baik.
4. Laki-laki dan wanita bisa saling berhimpun dalam berbagai medan peperangan.
Untuk pihak yang menang, bisa menawan wanita dari pihak yang kalah dan
menghalalkannya menurut kemauannya.
Banyak lagi hal-hal yang menyangkut hubungan wanita dengan laki-laki yang
diluar kewajaran. Diantara kebiasaan yang sudah dikenal akrab pada masa jahiliyah
ialah poligami tanpa da batasan maksimal, berapapun banyaknya istri yang
dikehendaki. Bahkan mereka bisa menikahi janda bapaknya, entah karena dicerai atau
karena ditinggal mati. Hak perceraian ada ditangan kaum laki-laki tanpa ada
batasannya.
Perzinahan mewarnai setiap lapisan mayarakat, tidak hanya terjadi di lapisan
tertentu atau golongan tertentu. Kecuali hanya sebagian kecil dari kaum laki-laki dan
wanita yang memang masih memiliki keagungan jiwa.
Ada pula kebiasaan diantara mereka yang mengubur hidup-hidup anak
perempuannya, karena takut aib dan karena kemunafikan. Atau ada juga yang
membunuh anak laki-lakinya, karena takut miskin dan lapar. Disini kami tidak bisa
menggambarkannya secara detail kecuali dengan ungkapan-ungkapan yang keji,
buruk, dan menjijikkan.
Lebih jauh, masyarakat Arab pra Islam ternyata tidak memberikan tempat
yang cukup terhormat bagi kaum wanita. Akibatnya, wanita tidak dianggap sebagai
seseorang, melainkan dianggap sebagai sesuatu. Bahkan lebih dari itu, bangsa Arab
Jahiliyah juga menganggap wanita sebagai binatang ternak, yang dapat diwariskan
oleh seorang laki-laki yang telah meninggal dunia kepada ahli warisnya. Islam datang
untuk membebaskan hal-hal itu, sehingga hak-hak wanita dalam Islam dalam Islam
benar-benar dihormati. Persoalannya, dalam proses penegakan kehormatan dan
martabat wanita itu, ternyata banyak sekali halangan-halangan yang dihadapi oleh
umat Islam. pada masa Rasulullah, ketika muncul berbagai peperangan untuk
menegakkan agama Islam, muncul satu persoalan. Persoalan itu adalah lemahnya
semangat tentara Islam untuk berperang, karena hasrat biologis mereka tak
tersalurkan.

                                                      III WANITA DALAM ISLAM

Salah satu tema utama sekaligus prinsip pokok dalam ajaran Islam adalah
persamaan antara manusia, baik antara lelaki dan perempuan maupun antar bangsa,
suku dan keturunan. Perbedaan yang digarisbawahi dan yang kemudian meninggikan
atau merendahkan seseorang hanyalah nilai pengabdian dan ketakwaannya kepada
Tuhan Yang Mahaesa.
Wahai seluruh manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (terdiri)
dari lelaki dan perempuan dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan
bersuku-suku agar kamu saling mengenal, sesungguhnya yang termulia di antara
kamu adalah yang paling bertakwa (QS 49: 13).
Kedudukan perempuan dalam pandangan ajaran Islam tidak sebagaimana
diduga atau dipraktekkan sementara masyarakat. Ajaran Islam pada hakikatnya
memberikan perhatian yang sangat besar serta kedudukan terhormat kepada
perempuan.
Muhammad Al-Ghazali, salah seorang ulama besar Islam kontemporer
berkebangsaan Mesir, menulis: "Kalau kita mengembalikan pandangan ke masa
sebelum seribu tahun, maka kita akan menemukan perempuan menikmati
keistimewaan dalam bidang materi dan sosial yang tidak dikenal oleh perempuanperempuan
di kelima benua. Keadaan mereka ketika itu lebih baik dibandingkan
dengan keadaan perempuan-perempuan Barat dewasa ini, asal saja kebebasan dalam
berpakaian serta pergaulan tidak dijadikan bahan perbandingan."190
Almarhum Mahmud Syaltut, mantan Syaikh (pemimpin tertinggi) lembagalembaga
Al-Azhar di Mesir, menulis: "Tabiat kemanusiaan antara lelaki dan
perempuan hampir dapat (dikatakan) sama. Allah telah menganugerahkan kepada
perempuan sebagaimana menganugerahkan kepada lelaki. Kepada mereka berdua
dianugerahkan Tuhan potensi dan kemampuan yang cukup untuk memikul tanggung
jawab dan yang menjadikan kedua jenis kelamin ini dapat melaksanakan aktivitasaktivitas
yang bersifat umum maupun khusus. Karena itu, hukum-hukum Syari'at pun
meletakkan keduanya dalam satu kerangka. Yang ini (lelaki) menjual dan membeli,
mengawinkan dan kawin, melanggar dan dihukum, menuntut dan menyaksikan, dan
yang itu (perempuan) juga demikian, dapat menjual dan membeli, mengawinkan dan
kawin, melanggar dan dihukum serta menuntut dan menyaksikan."191
Banyak faktor yang telah mengaburkan keistimewaan serta memerosotkan
kedudukan tersebut. Salah satu di antaranya adalah kedangkalan pengetahuan
keagamaan, sehingga tidak jarang agama (Islam) diatasnamakan untuk pandangan dan
tujuan yang tidak dibenarkan itu.
Berikut ini akan dikemukakan pandangan sekilas yang bersumber dari
pemahaman ajaran Islam menyangkut perempuan, dari segi (1) asal kejadiannya, dan
(2) hak-haknya dalam berbagai bidang.
Asal Kejadian Perempuan
Berbedakah asal kejadian perempuan dari lelaki? Apakah perempuan
diciptakan oleh tuhan kejahatan ataukah mereka merupakan salah satu najis (kotoran)
akibat ulah setan? Benarkah yang digoda dan diperalat oleh setan hanya perempuan
dan benarkah mereka yang menjadi penyebab terusirnya manusia dari surga?
Demikian sebagian pertanyaan yang dijawab dengan pembenaran oleh
sementara pihak sehingga menimbulkan pandangan atau keyakinan yang tersebar
pada masa pra-Islam dan yang sedikit atau banyak masih berbekas dalam pandangan
beberapa masyarakat abad ke-20 ini.
Pandangan-pandangan tersebut secara tegas dibantah oleh Al-Quran, antara
lain melalui ayat pertama surah Al-Nisa':
Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan
kamu dari jenis yang sama dan darinya Allah menciptakan pasangannya dan dari
keduanya Allah memperkembangbiakkan lelaki dan perempuan yang banyak.
Demikian Al-Quran menolak pandangan-pandangan yang membedakan (lelaki
dan perempuan) dengan menegaskan bahwa keduanya berasal dari satu jenis yang
sama dan bahwa dari keduanya secara bersama-sama Tuhan mengembangbiakkan
keturunannya baik yang lelaki maupun yang perempuan.
Benar bahwa ada suatu hadis Nabi yang dinilai shahih (dapat
dipertanggungjawabkan kebenarannya) yang berbunyi:
Saling pesan-memesanlah untuk berbuat baik kepada perempuan, karena mereka
diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. (Diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim
dan Tirmidzi dari sahabat Abu Hurairah).
Benar ada hadis yang berbunyi demikian dan yang dipahami secara keliru
bahwa perempuan diciptakan dari tulang rusuk Adam, yang kemudian mengesankan
kerendahan derajat kemanusiaannya dibandingkan dengan lelaki. Namun, cukup
banyak ulama yang telah menjelaskan makna sesungguhnya dari hadis tersebut.
Muhammad Rasyid Ridha, dalam Tafsir Al-Manar, menulis: "Seandainya
tidak tercantum kisah kejadian Adam dan Hawa dalam Kitab Perjanjian Lama
(Kejadian II;21) dengan redaksi yang mengarah kepada pemahaman di atas, niscaya
pendapat yang keliru itu tidak pernah akan terlintas dalam benak seorang Muslim."
Tulang rusuk yang bengkok harus dipahami dalam pengertian majazi (kiasan),
dalam arti bahwa hadis tersebut memperingatkan para lelaki agar menghadapi
perempuan dengan bijaksana. Karena ada sifat, karakter, dan kecenderungan mereka
yang tidak sama dengan lelaki, hal mana bila tidak disadari akan dapat mengantar
kaum lelaki untuk bersikap tidak wajar. Mereka tidak akan mampu mengubah
karakter dan sifat bawaan perempuan. Kalaupun mereka berusaha akibatnya akan
fatal, sebagaimana fatalnya meluruskan tulang rusuk yang bengkok.
Memahami hadis di atas seperti yang telah dikemukakan di atas, justru
mengakui kepribadian perempuan yang telah menjadi kodrat (bawaan)-nya sejak
lahir.
Dalam Surah Al-Isra' ayat 70 ditegaskan bahwa:
Sesungguhnya Kami telah memuliakan anak-anak Adam. Kami angkut mereka di
daratan dan di lautan (untuk memudahkan mencari kehidupan). Kami beri mereka
rezeki yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna
atas kebanyakan makhluk-makhluk yang Kami ciptakan.
Tentu, kalimat anak-anak Adam mencakup lelaki dan perempuan, demikian
pula penghormatan Tuhan yang diberikan-Nya itu, mencakup anak-anak Adam
seluruhnya, baik perempuan maupun lelaki. Pemahaman ini dipertegas oleh ayat 195
surah Ali'Imran yang menyatakan: Sebagian kamu adalah bagian dari sebagian yang
lain, dalam arti bahwa "sebagian kamu (hai umat manusia yakni lelaki) berasal dari
pertemuan ovum perempuan dan sperma lelaki dan sebagian yang lain (yakni
perempuan) demikian juga halnya." Kedua jenis kelamin ini sama-sama manusia. Tak
ada perbedaan antara mereka dari segi asal kejadian dan kemanusiaannya.
Dengan konsideran ini, Tuhan mempertegas bahwa:
Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal, baik
lelaki maupun perempuan (QS 3:195).
Pandangan masyarakat yang mengantar kepada perbedaan antara lelaki dan
perempuan dikikis oleh Al-Quran. Karena itu, dikecamnya mereka yang bergembira
dengan kelahiran seorang anak lelaki tetapi bersedih bila memperoleh anak
perempuan:
Dan apabila seorang dari mereka diberi kabar dengan kelahiran anak perempuan,
hitam-merah padamlah wajahnya dan dia sangat bersedih (marah). Ia
menyembunyikan dirinya dari orang banyak disebabkan "buruk"-nya berita yang
disampaikan kepadanya itu. (Ia berpikir) apakah ia akan memeliharanya dengan
menanggung kehinaan ataukah menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup).
Ketahuilah! Alangkah buruk apa yang mereka tetapkan itu (QS 16:58-59).
Ayat ini dan semacamnya diturunkan dalam rangka usaha Al-Quran untuk
mengikis habis segala macam pandangan yang membedakan lelaki dengan
perempuan, khususnya dalam bidang kemanusiaan.
Dari ayat-ayat Al-Quran juga ditemukan bahwa godaan dan rayuan Iblis tidak
hanya tertuju kepada perempuan (Hawa) tetapi juga kepada lelaki. Ayat-ayat yang
membicarakan godaan, rayuan setan serta ketergelinciran Adam dan Hawa dibentuk
dalam kata yang menunjukkan kebersamaan keduanya tanpa perbedaan, seperti:
Maka setan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya ... (QS 7:20).
Lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga itu dan keduanya
dikeluarkan dari keadaan yang mereka (nikmati) sebelumnya ... (QS 2:36).
Kalaupun ada yang berbentuk tunggal, maka itu justru menunjuk kepada kaum
lelaki (Adam), yang bertindak sebagai pemimpin terhadap istrinya, seperti dalam
firman Allah:
Kemudian setan membisikkan pikiran jahat kepadanya (Adam) dan berkata: "Hai
Adam, maukah saya tunjukkan kepadamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak
akan punah?" (QS 20:120).
Demikian terlihat bahwa Al-Quran mendudukkan perempuan pada tempat
yang sewajarnya serta meluruskan segala pandangan yang salah dan keliru yang
berkaitan dengan kedudukan dan asal kejadiannya.
Hak-hak Perempuan
Al-Quran berbicara tentang perempuan dalam berbagai ayatnya. Pembicaraan
tersebut menyangkut berbagai sisi kehidupan. Ada ayat yang berbicara tentang hak
dan kewajibannya, ada pula yang menguraikan keistimewaan-keistimewaan tokohtokoh
perempuan dalam sejarah agama atau kemanusiaan.
Secara umum surah Al-Nisa' ayat 32, menunjuk kepada hak-hak perempuan:
Bagi lelaki hak (bagian) dari apa yang dianugerahkan kepadanya dan bagi
perempuan hak (bagian) dari apa yang dianugerahkan kepadanya.
Berikut ini akan dikemukakan beberapa hak yang dimiliki oleh kaum
perempuan menurut pandangan ajaran Islam.
1.Hak-hak Perempuan dalam Bidang Politik
Salah satu ayat yang seringkali dikemukakan oleh para pemikir Islam dalam
kaitan dengan hak-hak politik kaum perempuan adalah yang tertera dalam surah Al-
Tawbah ayat 71:
Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka adalah
awliya' bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh untuk mengerjakan yang
ma'ruf, mencegah yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan
mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh
Allah. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.
Secara umum, ayat di atas dipahami sebagai gambaran tentang kewajiban
melakukan kerja sama antarlelaki dan perempuan dalam berbagai bidang kehidupan
yang dilukiskan dengan kalimat menyuruh mengerjakan yang ma'ruf dan mencegah
yang munkar.
Kata awliya', dalam pengertiannya, mencakup kerja sama, bantuan dan
penguasaan, sedang pengertian yang dikandung oleh "menyuruh mengerjakan yang
ma'ruf" mencakup segala segi kebaikan atau perbaikan kehidupan, termasuk memberi
nasihat (kritik) kepada penguasa. Dengan demikian, setiap lelaki dan perempuan
Muslimah hendaknya mampu mengikuti perkembangan masyarakat agar masingmasing
mereka mampu melihat dan memberi saran (nasihat) dalam berbagai bidang
kehidupan.193
Keikutsertaan perempuan bersama dengan lelaki dalam kandungan ayat di atas
tidak dapat disangkal, sebagaimana tidak pula dapat dipisahkan kepentingan
perempuan dari kandungan sabda Nabi Muhamad saw.:
Barangsiapa yang tidak memperhatikan kepentingan (urusan) kaum Muslim, maka
ia tidak termasuk golongan mereka.
Kepentingan (urusan) kaum Muslim mencakup banyak sisi yang dapat
menyempit atau meluas sesuai dengan latar belakang pendidikan seseorang, tingkat
pendidikannya. Dengan demikian, kalimat ini mencakup segala bidang kehidupan
termasuk bidang kehidupan politik.
Di sisi lain, Al-Quran juga mengajak umatnya (lelaki dan perempuan) untuk
bermusyawarah, melalui pujian Tuhan kepada mereka yang selalu melakukannya.
Urusan mereka (selalu) diputuskan dengan musyawarah (QS 42:38).
Ayat ini dijadikan pula dasar oleh banyak ulama untuk membuktikan adanya
hak berpolitik bagi setiap lelaki dan perempuan.
Syura (musyawarah) telah merupakan salah satu prinsip pengelolaan bidangbidang
kehidupan bersama menurut Al-Quran, termasuk kehidupan politik, dalam arti
setiap warga masyarakat dalam kehidupan bersamanya dituntut untuk senantiasa
mengadakan musyawarah.
Atas dasar ini, dapat dikatakan bahwa setiap lelaki maupun perempuan
memiliki hak tersebut, karena tidak ditemukan satu ketentuan agama pun yang dapat
dipahami sebagai melarang keterlibatan perempuan dalam bidang kehidupan
bermasyarakat --termasuk dalam bidang politik. Bahkan sebaliknya, sejarah Islam
menunjukkan betapa kaum perempuan terlibat dalam berbagai bidang
kemasyarakatan, tanpa kecuali.
Al-Quran juga menguraikan permintaan para perempuan pada zaman Nabi
untuk melakukan bay'at (janji setia kepada Nabi dan ajarannya), sebagaimana
disebutkan dalam surah Al-Mumtahanah ayat 12.
Sementara, pakar agama Islam menjadikan bay'at para perempuan itu sebagai
bukti kebebasan perempuan untuk menentukan pilihan atau pandangannya yang
berkaitan dengan kehidupan serta hak mereka. Dengan begitu, mereka dibebaskan
untuk mempunyai pilihan yang berbeda dengan pandangan kelompok-kelompok lain
dalam masyarakat, bahkan terkadang berbeda dengan pandangan suami dan ayah
mereka sendiri.
Harus diakui bahwa ada sementara ulama yang menjadikan firman Allah
dalam surah Al-Nisa' ayat 34, Lelaki-lelaki adalah pemimpin perempuan-perempuan...
sebagai bukti tidak bolehnya perempuan terlibat dalam persoalan politik. Karena --
kata mereka-- kepemimpinan berada di tangan lelaki, sehingga hak-hak berpolitik
perempuan pun telah berada di tangan mereka. Pandangan ini bukan saja tidak sejalan
dengan ayat-ayat yang dikutip di atas, tetapi juga tidak sejalan dengan makna
sebenarnya yang diamanatkan oleh ayat yang disebutkan itu.
Ayat Al-Nisa' 34 itu berbicara tentang kepemimpinan lelaki (dalam hal ini
suami) terhadap seluruh keluarganya dalam bidang kehidupan rumah tangga.
Kepemimpinan ini pun tidak mencabut hak-hak istri dalam berbagai segi, termasuk
dalam hak pemilikan harta pribadi dan hak pengelolaannya walaupun tanpa
persetujuan suami.
Kenyataan sejarah menunjukkan sekian banyak di antara kaum wanita yang
terlibat dalam soal-soal politik praktis. Ummu Hani misalnya, dibenarkan sikapnya
oleh Nabi Muhammad saw. ketika memberi jaminan keamanan kepada sementara
orang musyrik (jaminan keamanan merupakan salah satu aspek bidang politik).
Bahkan istri Nabi Muhammad saw. sendiri, yakni Aisyah r.a., memimpin langsung
peperangan melawan 'Ali ibn Abi Thalib yang ketika itu menduduki jabatan Kepala
Negara. Isu terbesar dalam peperangan tersebut adalah soal suksesi setelah
terbunuhnya Khalifah Ketiga, Utsman r.a.
Peperangan itu dikenal dalam sejarah Islam dengan nama Perang Unta (656
M). Keterlibatan Aisyah r.a. bersama sekian banyak sahabat Nabi dan
kepemimpinannya dalam peperangan itu, menunjukkan bahwa beliau bersama para
pengikutnya itu menganut paham kebolehan keterlibatan perempuan dalam politik
praktis sekalipun.
2.Hak-hak Perempuan dalam Memilih Pekerjaan
Kalau kita kembali menelaah keterlibatan perempuan dalam pekerjaan pada
masa awal Islam, maka tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa Islam membenarkan
mereka aktif dalam berbagai aktivitas. Para wanita boleh bekerja dalam berbagai
bidang, di dalam ataupun di luar rumahnya, baik secara mandiri atau bersama orang
lain, dengan lembaga pemerintah maupun swasta, selama pekerjaan tersebut
dilakukannya dalam suasana terhormat, sopan, serta selama mereka dapat memelihara
agamanya, serta dapat pula menghindari dampak-dampak negatif dari pekerjaan
tersebut terhadap diri dan lingkungannya.
Secara singkat, dapat dikemukakan rumusan menyangkut pekerjaan
perempuan yaitu bahwa "perempuan mempunyai hak untuk bekerja, selama pekerjaan
tersebut membutuhkannya dan atau selama mereka membutuhkan pekerjaan tersebut".
Pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan oleh perempuan pada masa Nabi
cukup beraneka ragam, sampai-sampai mereka terlibat secara langsung dalam
peperangan-peperangan, bahu-membahu dengan kaum lelaki. Nama-nama seperti
Ummu Salamah (istri Nabi), Shafiyah, Laila Al-Ghaffariyah, Ummu Sinam Al-
Aslamiyah, dan lain-lain, tercatat sebagai tokoh-tokoh yang terlibat dalam
peperangan. Ahli hadis, Imam Bukhari, membukukan bab-bab dalam kitab Shahihnya,
yang menginformasikan kegiatan-kegiatan kaum wanita, seperti Bab Keterlibatan
Perempuan dalam Jihad, Bab Peperangan Perempuan di Lautan, Bab Keterlibatan
Perempuan Merawat Korban, dan lain-lain.
Di samping itu, para perempuan pada masa Nabi saw. aktif pula dalam
berbagai bidang pekerjaan. Ada yang bekerja sebagai perias pengantin, seperti Ummu
Salim binti Malhan yang merias, antara lain, Shafiyah bin Huyay196 --istri Nabi
Muhammad saw. Ada juga yang menjadi perawat atau bidan, dan sebagainya.
Dalam bidang perdagangan, nama istri Nabi yang pertama, Khadijah binti
Khuwailid, tercatat sebagai seorang yang sangat sukses. Demikian juga Qilat Ummi
Bani Anmar yang tercatat sebagai seorang perempuan yang pernah datang kepada
Nabi untuk meminta petunjuk-petunjuk dalam bidang jual-beli. Dalam kitab Thabaqat
Ibnu Sa'ad, kisah perempuan tersebut diuraikan, di mana ditemukan antara lain pesan
Nabi kepadanya menyangkut penetapan harga jual-beli. Nabi memberi petunjuk
kepada perempuan ini dengan sabdanya:
Apabila Anda akan membeli atau menjual sesuatu, maka tetapkanlah harga
yang Anda inginkan untuk membeli atau menjualnya, baik kemudian Anda diberi atau
tidak. (Maksud beliau jangan bertele-tele dalam menawar atau menawarkan sesuatu).
Istri Nabi saw., Zainab binti Jahsy, juga aktif bekerja sampai pada menyamak
kulit binatang, dan hasil usahanya itu beliau sedekahkan. Raithah, istri sahabat Nabi
Abdullah ibn Mas'ud, sangat aktif bekerja, karena suami dan anaknya ketika itu tidak
mampu mencukupi kebutuhan hidup keluarga ini.197 Al-Syifa', seorang perempuan
yang pandai menulis, ditugaskan oleh Khalifah Umar r.a. sebagai petugas yang
menangani pasar kota Madinah.198
Demikian sedikit dari banyak contoh yang terjadi pada masa Rasul saw. dan
sahabat beliau menyangkut keikutsertaan perempuan dalam berbagai bidang usaha
dan pekerjaan. Di samping yang disebutkan di atas, perlu juga digarisbawahi bahwa
Rasul saw. banyak memberi perhatian serta pengarahan kepada perempuan agar
menggunakan waktu sebaik-baiknya dan mengisinya dengan pekerjaan-pekerjaan
yang bermanfaat. Dalam hal ini, antara lain, beliau bersabda:
Sebaik-baik "permainan" seorang perempuan Muslimah di dalam rumahnya
adalah memintal/menenun. (Hadis diriwayatkan oleh Abu Nu'aim dari Abdullah
bin Rabi' Al-Anshari).
Aisyah r.a. diriwayatkan pernah berkata: "Alat pemintal di tangan perempuan
lebih baik daripada tombak di tangan lelaki."
Tentu saja tidak semua bentuk dan ragam pekerjaan yang terdapat pada masa
kini telah ada pada masa Nabi saw. Namun, sebagaimana telah diuraikan di atas,
ulama pada akhirnya menyimpulkan bahwa perempuan dapat melakukan pekerjaan
apa pun selama ia membutuhkannya atau pekerjaan itu membutuhkannya dan selama
norma-norma agama dan susila tetap terpelihara.
Dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh setiap orang,
termasuk kaum wanita, mereka mempunyai hak untuk bekerja dan menduduki jabatan
jabatan tertinggi. Hanya ada jabatan yang oleh sementara ulama dianggap tidak dapat
diduduki oleh kaum wanita, yaitu jabatan Kepala Negara (Al-Imamah Al-'Uzhma)
dan Hakim. Namun, perkembangan masyarakat dari saat ke saat mengurangi
pendukung larangan tersebut, khususnya menyangkut persoalan kedudukan
perempuan sebagai hakim.
Dalam beberapa kitab hukum Islam, seperti Al-Mughni, ditegaskan bahwa
"setiap orang yang memiliki hak untuk melakukan sesuatu, maka sesuatu itu dapat
diwakilkannya kepada orang lain, atau menerima perwakilan dari orang lain". Atas
dasar kaidah itu, Dr. Jamaluddin Muhammad Mahmud berpendapat bahwa
berdasarkan kitab fiqih, bukan sekadar pertimbangan perkembangan masyarakat kita
jika kita menyatakan bahwa perempuan dapat bertindak sebagai pembela dan
penuntut dalam berbagai bidang.199
3.Hak dan Kewajiban Belajar
Terlalu banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi saw. yang berbicara tentang
kewajiban belajar, baik kewajiban tersebut ditujukan kepada lelaki maupun
perempuan. Wahyu pertama dari Al-Quran adalah perintah membaca atau belajar,
Bacalah demi Tuhanmu yang telah menciptakan... Keistimewaan manusia yang
menjadikan para malaikat diperintahkan sujud kepadanya adalah karena makhluk
ini memiliki pengetahuan (QS 2:31-34).
Baik lelaki maupun perempuan diperintahkan untuk menimba ilmu sebanyak
mungkin, mereka semua dituntut untuk belajar:
Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap Muslim (dan Muslimah).
Para perempuan di zaman Nabi saw. menyadari benar kewajiban ini, sehingga
mereka memohon kepada Nabi agar beliau bersedia menyisihkan waktu tertentu dan
khusus untuk mereka dalam rangka menuntut ilmu pengetahuan. Permohonan ini
tentu saja dikabulkan oleh Nabi saw.
Al-Quran memberikan pujian kepada ulu al-albab, yang berzikir dan
memikirkan tentang kejadian langit dan bumi. Zikir dan pemikiran menyangkut hal
tersebut akan mengantar manusia untuk mengetahui rahasia-rahasia alam raya ini, dan
hal tersebut tidak lain dari pengetahuan. Mereka yang dinamai ulu al-albab tidak
terbatas pada kaum lelaki saja, tetapi juga kaum perempuan. Hal ini terbukti dari ayat
yang berbicara tentang ulu al-albab yang dikemukakan di atas. Setelah Al-Quran
menguraikan tentang sifat-sifat mereka, ditegaskannya bahwa:
Maka Tuhan mereka mengabulkan permohonan mereka dengan berfirman:
"Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di
antara kamu, baik lelaki maupun perempuan..." (QS 3:195).
Ini berarti bahwa kaum perempuan dapat berpikir, mempelajari dan kemudian
mengamalkan apa yang mereka hayati dari zikir kepada Allah serta apa yang mereka
ketahui dari alam raya ini. Pengetahuan menyangkut alam raya tentunya berkaitan
dengan berbagai disiplin ilmu, sehingga dari ayat ini dapat dipahami bahwa
perempuan bebas untuk mempelajari apa saja, sesuai dengan keinginan dan
kecenderungan mereka masing-masing.
Banyak wanita yang sangat menonjol pengetahuannya dalam berbagai bidang
ilmu pengetahuan dan yang menjadi rujukan sekian banyak tokoh lelaki. Istri Nabi,
Aisyah r.a., adalah seorang yang sangat dalam pengetahuannya serta dikenal pula
sebagai kritikus. Sampai-sampai dikenal secara sangat luas ungkapan yang
dinisbahkan oleh sementara ulama sebagai pernyataan Nabi Muhammad saw.:
Ambillah setengah pengetahuan agama kalian dari Al-Humaira' (Aisyah).
Demikian juga Sayyidah Sakinah putri Al-Husain bin Ali bin Abi Thalib.
Kemudian Al-Syaikhah Syuhrah yang digelari Fakhr Al-Nisa' (Kebanggaan
Perempuan) adalah salah seorang guru Imam Syafi'i200 (tokoh mazhab yang
pandangan-pandangannya menjadi anutan banyak umat Islam di seluruh dunia), dan
masih banyak lagi lainnya.
Imam Abu Hayyan mencatat tiga nama perempuan yang menjadi guru-guru
tokoh mazhab tersebut, yaitu Mu'nisat Al-Ayyubiyah (putri Al-Malik Al-Adil saudara
Salahuddin Al-Ayyubi), Syamiyat Al-Taimiyah, dan Zainab putri sejarahwan Abdul-
Latif Al-Baghdadi.201 Kemudian contoh wanita-wanita yang mempunyai kedudukan
ilmiah yang sangat terhormat adalah Al-Khansa', Rabi'ah Al-Adawiyah, dan lain-lain.
Rasul saw. tidak membatasi anjuran atau kewajiban belajar hanya terhadap
perempuan-perempuan merdeka (yang memiliki status sosial yang tinggi), tetapi juga
para budak belian dan mereka yang berstatus sosial rendah. Karena itu, sejarah
mencatat sekian banyak perempuan yang tadinya budak belian mencapai tingkat
pendidikan yang sangat tinggi.
Al-Muqarri, dalam bukunya Nafhu Al-Thib, sebagaimana dikutip oleh Dr.
Abdul Wahid Wafi, memberitakan bahwa Ibnu Al-Mutharraf, seorang pakar bahasa
pada masanya, pernah mengajarkan seorang perempuan liku-liku bahasa Arab.
Sehingga sang wanita pada akhirnya memiliki kemampuan yang melebihi gurunya
sendiri, khususnya dalam bidang puisi, sampai ia dikenal dengan nama Al-Arudhiyat
karena keahliannya dalam bidang ini.202
Harus diakui bahwa pembidangan ilmu pada masa awal Islam belum lagi
sebanyak dan seluas masa kita dewasa ini. Namun, Islam tidak membedakan antara
satu disiplin ilmu dengan disiplin ilmu lainnya, sehingga seandainya mereka yang
disebut namanya di atas hidup pada masa kita ini, maka tidak mustahil mereka akan
tekun pula mempelajari disiplin-disiplin ilmu yang berkembang dewasa ini.
Dalam hal ini, Syaikh Muhammad 'Abduh menulis: "Kalaulah kewajiban
perempuan mempelajari hukum-hukum agama kelihatannya amat terbatas, maka
sesungguhnya kewajiban mereka untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan
rumah tangga, pendidikan anak, dan sebagainya yang merupakan persoalan-persoalan
duniawi (dan yang berbeda sesuai dengan perbedaan waktu, tempat dan kondisi) jauh
lebih banyak daripada soal-soal keagamaan."203
Demikian sekilas menyangkut hak dan kewajiban perempuan dalam bidang
pendidikan.
Tentunya masih banyak lagi yang dapat dikemukakan menyangkut hak-hak
kaum perempuan dalam berbagai bidang. Namun, kesimpulan akhir yang dapat ditarik
adalah bahwa mereka, sebagaimana sabda Rasul saw., adalah Syaqa'iq Al-Rijal
(saudara-saudara sekandung kaum lelaki) sehingga kedudukannya serta hak-haknya
  1. hampir dapat dikatakan sama. Kalaupun ada yang membedakan, maka itu hanyalah
akibat fungsi dan tugas-tugas utama yang dibebankan Tuhan kepada masing-masing
jenis kelamin itu, sehingga perbedaan yang ada tidak mengakibatkan yang satu
merasa memiliki kelebihan atas yang lain:
Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada
sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain, karena bagi lelaki ada bagian
dari apa yang mereka peroleh (usahakan) dan bagi perempuan juga ada bagian
dari apa yang mereka peroleh (usahakan) dan bermohonlah kepada Allah dari
karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu (QS 4:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar